Sat. Mar 2nd, 2024

Mantan bos Shell, Ben van Beurden menerima paket pembayaran sebesar 9,7 juta poundsterling atau setara Rp179,3 miliar tahun lalu. Jumlah perolehan ini naik lebih dari 50 persen dibanding tahun 2021. Gaji Ben van Beurden terungkap dalam laporan dan akun tahunan Shell.

Melansir BBC, Shell sendiri telah melaporkan laba tahunan tertinggi dalam 115 tahun sejarahnya di 2022 lalu. Lonjakan laba terjadi setelah tingginya harga energi imbas perang Rusia-Ukraina.

Di sisi lain, keuntungan besar yang dihasilkan oleh perusahaan energi itu telah menambah tekanan untuk mengenakan pajak lebih banyak, karena Shell tengah berjuang dengan meningkatnya tagihan energi.

Baca Juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Shell di 2022 membukukan rekor laba senilai USD 39,9 miliar atau Rp617 triliun, dua kali lipat dari total tahun sebelumnya.

Pada tahun 2021, Ben van Beurden dibayar setara dengan 6,3 juta pound sterling, dan dibayar dalam euro karena Shell belum memindahkan kantor pusatnya dari Belanda ke Inggris.

Dia digantikan pada 1 Januari tahun ini oleh Wael Sawan, mantan kepala bisnis gas dan energi terbarukan Shell.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Laporan tahunan perusahaan menunjukkan bahwa Wael Sawan diangkat dengan gaji sebesar 1,4 juta euro, meskipun pembayaran terkait kinerja seringkali dapat menambah paket gaji secara keseluruhan. Gaji van Beurden adalah £1,4 juta pada tahun 2022.

Besarnya gaji van Beurden menuai kritik dari badan amal hak asasi manusia dan lingkungan Global Witness.

“Kami menyerukan kepada pemerintah Inggris untuk menerapkan pajak keuntungan yang mengutamakan rakyat dalam Anggaran Musim Semi minggu depan, yang mencakup bonus eksekutif,” ujar badan amal tersebut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *