Thu. Jan 26th, 2023

Timnas Maroko secara luar biasa mampu menembus semifinal Piala Dunia 2022, satu-satunya tim Afrika yang bisa melakukannya di sepanjang sejarah pesta sepak bola terakbar itu. Maroko sudah ditunggu juara bertahan Prancis di semifinal nanti.

Bicara soal kans Maroko mengalahkan Prancis di laga nanti, dan tentunya sekali lagi mengukir sejarah, deretan negara Afrika ternyata punya catatan tersendiri soal mengalahkan wakil Eropa di ajang ini.

Keberhasilan Maroko melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 sendiri tak lepas dari kemenangan atas Portugal di babak perempat final dengan skor 1-0.

Sejarah kembali mencatat negara Afrika mampu membuat wakil Eropa keok di Piala Dunia. Setidaknya ada lima negara Afrika yang doyan mengalahkan wakil Eropa saat berlaga di Piala Dunia, termasuk kini di Qatar edisi 2022.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Lantas tim Afrika mana yang paling sering mengalahkan wakil Eropa di Piala Dunia? Berikut ini deretan negara Afrika yang mampu mencatatkan rekor tersendiri:

1. Nigeria

Hingga saat ini Nigeria menjadi salah satu negara Afrika yang paling sering mengalahkan wakil Eropa di Piala Dunia sepanjang riwayat bermain di ajang ini.

Catatan 6 kemenangan dari 21 pertandingan, Bulgaria menjadi negara yang dua kali ditaklukkan Nigeria, selain itu adapula Yunani, Spanyol, Bosnia Herzegovina dan Islandia.

2. Maroko

Lima kemenangan Maroko di Piala Dunia dicatatkan saat berjumpa wakil Eropa, terbaru Portugal di perempat final Piala Dunia 2022.

Portugal bukan kali ini saja takluk dari Maroko, di Piala Dunia 1986 Meksiko hal ini pernah terjadi dan bahkan kalah dengan skor 1-3.

3. Senegal

Senegal baru tampil dalam 3 edisi Piala Dunia berbeda, namun sudah mencatatkan lima kemenangan dan tiga di antaranya ditorehkan melawan wakil Eropa.

Debut di Piala Dunia 2002, Senegal sukses mengalahkan Prancis di fase grup dengan skor tipis 1-0, disusul Swedia di ajang yang sama dan Polandia di Piala Dunia 2018.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

4. Afrika Selatan

Afrika Selatan sudah tiga kali berlaga di Piala Dunia, sempat meraih dua kemenangan atas Slovenia dan Prancis di edisi 2010.

Namun sejak saat itu, Afrika Selatan belum lagi berlaga di Piala Dunia setelah menjadi tuan rumah lebih dari satu dekade lalu.

5. Ghana

Wakil Eropa pertama yang dikalahkan Ghana di Piala Dunia adalah Republik Ceko, tepatnya di Piala Dunia 2006 Jerman.

Kemudian di 2010, Ghana memetik kemenangan atas Serbia lewat gol semata wayang Asamoah Gyan dalam laga yang berakhir dengan skor 1-0.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *