Thu. Jul 25th, 2024

Sendratari Meras Gandrung yang rutin digelar di Taman Gandrung Terakota (TGT) Banyuwangi tak berhenti memikat wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Para pelancong yang menyaksikan pagelaran seni tersebut diajak menyaksikan bagaimana prosesi seorang penari ditasbihkan menjadi seorang ‘Gandrung’.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, menyaksikan sendratari Meras Gandrung bisa menjadi pilihan. Digelar di Taman Gandrung Tarakota, yang berada di lereng Gunung Ijen seni pertunjukan “wisudanya penari gandrung” tersebut menjadi atraksi yang menarik.

Salah satunya Ari (56), wisatawan asal Semarang yang berlibur ke Banyuwangi bersama 4 rekannya. Ari bersama temannya menghabiskan liburan Nyepi di Banyuwangi selama tiga hari.

“Ini pertama kalinya saya berkunjung ke Banyuwangi. Sangat menarik pentas seni ini, bercerita tentang bagaimana menjadi seorang Gandrung. Dan lokasi pertunjukannya juga sangat keren,” puji Ari saat melihat Meras Gandrung pada Rabu (22/3).

Baca Juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Sendratari Meras Gandrung merupakan pementasan kolosal para penari gandrung. Menggambarkan prosesi perjuangan seorang penari dalam mengatasi tantangan dan ujian agar dapat “lulus”menjadi penari gandrung. Sendratari ini menjadi pertunjukan tetap yang digelar setiap bulan sepanjang tahun.

Ditambahkan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, pertunjukan seni yang terjadwal ini akan menambah selling point Banyuwangi sebagai tujuan wisata. Mengingat seni budaya Banyuwangi yang sangat kental telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

“Siapapun yang ingin tahu tentang Gandrung, silakan mengunjungi Taman Gandrung Terakota. Tidak hanya disuguhkan sendratarinya, tapi bisa melihat banyak patung Gandrung serta cerita tentang Gandrung itu sendiri,” kata Ipuk.

Meras Gandrung digelar di Taman Gandrung Terakota, kawasan Jiwa Jawa Resort, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Taman Gandrung Terakota ini berdiri di atas hamparan sawah produktif seluas tiga hektare di lereng Gunung Ijen. Terdapat ratusan patung gandrung dari gerabah (terakota) yang diletakkan di sawah tanpa mengubah fungsi sawah. Di kawasan tersebut terdapat amphiteater dan sebuah panggung dari bambu yang menjadi pentas bagi penari.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Sendratari Meras Gandrung sendiri menceritakan prosesi penari untuk menjadi seorang Gandrung profesional, yang tidak hanya menari namun juga piawai menjadi sinden. Dimainkan seniman asli Banyuwangi dari berbagai usia, mulai anak-anak hingga Gandrung senior ini berhasil memikat penonton yang hadir.

Sementara itu, Sigit Pramono penggagas sendratari dan pemilik Jiwa Jawa Resort menjelaskan event ini akan menjadi sebuah daya tarik bagi pariwisata dan juga gandrung terakota ini sebagai kawasan pelestarian seni budaya Banyuwangi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *